Kepemimpinan Dalam Ambalan Penegak

Keputusan Kwartir Nasaional Gerpram Nomor 137 Tahun 1987 tentang kepemimpinan ambalan penegak disimpulkan sebagai berikut:

  1. Ambalan penegak dibina oleh seorang Pembina Penegak yang berusia maksimum 26 tahun disertakan Pembantu Pembina Penegak berusia sedikitnya 26 tahun.
  2. Pembina penegak dan pembantu pembina penegak putra dijabat pria, sedangkan pembina penegak dan pembantu pembina penegak putri dijabat wanita.
  3. Mengembangkan kepemimpinan di Ambalan Penegak dibentuk Dewan Ambalan Penegak atau Dewan Penegak yang dipimpin oleh seorang ketua disebut Pradana, Susunan Pradana sebagai berikut.
    1. 1 orang Ketua (Pradana)
    2. 1 orang Wakil ketua
    3. 1 orang Sekertaris
    4. 1 orang Bendahara
    5. Sejumlah Anggota
      Dewn tersebut dipilih dari pemimpin-pemimpin dan wakil pemimpin Sangga.
  4. Masa bakti Dewan Penegak adalah 1 tahun.
  5. Ambalan mengadakan musyawarah sedikitnya enam bulan sekali dengan acara antara lain melaporkan kegiatan yang telah lalu dan menjabarkan rencana kerjanya.
  6. Pembinaan kepemimpinan dan rasa tanggungjawb para Pramuka dibentuk Dewan Kehormatan Penegak yang terdiri dari anggota Dewan Penegak dan pembina.
  7. Dalam dewan kehormatan penegak, pembina dan pembantunya bertindak sebagai pengarah dan penasehat.

2 komentar:

  1. istri saya dulu juga suka pramuka, sering ikut lomba juga kayaknya, ada permainan pakai tongkat dan baca isyarat, sepertinya istri saya dulu benar2 sangat menyukainya karena di daerahnya, pramuka di tingkat sekolah memang maju. Kalau dulu, saya paling suka saat kamping-gimana ya tulisan yang benar?- bikin tenda, masak bersama, jalan menyusuri bukit dan tanaman2 tinggi. keren.
    ilmudes.blogspot.com

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.