Pengertian TKK dan SKK

Apasih pengertian TKK dan SKK itu? Sebagai seorang pembina pramuka harus mengetahui istilah ini, untuk lebih jelasnya berikut ini saya jelaskan pengertian TKK dan SKK.

  1. Syarat kecakapan khusus (SKK) adalah syarat yang wajib dipenuhi oleh seorang pramuka untuk memperoleh tanda kecakapan khusus (TKK).
  2. Tanda kecakapan khusus di singkat TKK. TKK adalah suatu tanda yang menunjukan kecakapan, kepandaian, kemahiran, ketangkasan, ketrampilan seorang Pramuka memilikinya di bidang tertentu.
  3. Kecakapan khusus adalah kecakapan, kepandaian, kemahiran, ketangkasan, ketrampilan dan kemampuan di bidang tertentu, yang lain dari kemampuan umum yang ditentukan atas dasar SKU, yang dimiliki oleh seorang Pramuka, sesuai dengan bakat dan minatnya serta diperoleh melalui proses pendidikan dan proses ujian.
    tanda kecakapan khusus merupakan salah satu cara penerapan sistem tanda kecakapan sesuai dengan prinsip-prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan menurut anggaran dasar dan anggaran tumah tangga gerakan pramuka, oleh karena itu harus dilaksanakan dalamgerakan pramuka.

17 komentar:

  1. wahhh ini istilah di pramuka ya, saya baru tahu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu waktu sekolah senang dengan pramuka apa nggak mas Intan Sdibjo

      Hapus
    2. kalo saya yang jawab. saya senang pas kemahnya aja

      Hapus
    3. mangs adul pinter jwabnya yah!

      Hapus
  2. SKK inget jaman sekolah ... semangattt ngumpulin TKK.
    Kalo buku SKU Syarat Kecakapan Umum udah penuh tandatngan Pembina, seneeng rasanya.

    BalasHapus
  3. keren banget , saya dulu ank pramuka, tpi berhubung sudah menikah jadi pada lupa, dulu sudah dpt bayangkara hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai pengetahuan kita saja buat anak2kita nnatinya, dan juga menambah pengalaman kita

      Hapus
  4. keterangan gambarnya tidak di jelaskan ya mas?

    BalasHapus
  5. ia betul mas djatmiko coba mas di jelaskan. penasaran saya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. keterangan gambarnya hanya sebagai simbol aja mangs. besok kalau dah sempat tak perbaiiki. kan jadi ada yg komplain lewat kolom koment!

      Hapus
  6. kebetulan saya sering terbalik dan tertukar pengertian dari TKK dan SKA teh...maklum sedikit pelupa alias semipikun

    BalasHapus
  7. saya tidak terlalu paham,.?
    karna waktu di sekolahan saya tidak menjadi pembina pramuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nggak apa-apa mba, sebgai dasar pengetahuan anda saja! mksh dah mampir

      Hapus
  8. Jadi ingat sewaktu saya msih SMA Darul Ulum dulu hehehehhe

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.