Contoh Program Kerja Pramuka SMP/MTs

PROGRAM KERJA
GUGUS DEPAN 220-221
PANGKALAN MTs MA’ARIF NU WANAREJA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


pramuka2


















GERAKAN PRAMUKA GUDEP 220-221
PANGKALAN MTs MA’ARIF NU WANAREJA
KWARTIR RANTING WANAREJA-CILACAP
2015



 PROGRAM KERJA
GUGUS DEPAN 220-221
PANGKALAN MTs MA’ARIF NU WANAREJA
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


Team Penyusun
1.      Ismiati Splehah,SPd.I                          (Ketua)
2.     Aan Rusliana,S.Pd.I                              (Wakil Ketua)
3.     Mursiati,S.Pd                                       (Anggota)
4.     St.Zahrotul Mk,S.Pd.I                          (Anggota)
5.     Nastiti,S.Ag                                        (Anggota)
6.     Tohirin,S.Pd.I                                      (Anggota)



Purwasari, 6 Juli 2015
Mengetahui
Pembina OSIS


Siti Zahrotul Makiyah,S.Pd.I
NIP. - - -


Pembina Gudep 220-221


Ismiati Solehah,S.Pd
NTA: -
Mengetahui
Kepala Madrasah


Mahfudin,M.Pd.I
NIP: ---



Kata Pengantar

Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmad dan hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan progran kerja Gugus Depan 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja pada tahun ajaran 2015/2016.
Program kerja ini merupakan acuan bagi Dewan Kerja Penggalang dan Pembina Penggalang pada Gudep 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja untuk menjalankan aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan MTs Ma’arif NU Wanareja. Diharapkan dengan selesainya penyusunan program kerja ini maka pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada Gudep 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja dapat terarah, terencana dan berhasil dengan baik. Sehingga peningkatan mutu pendidikan kepramukaan yang merupakan tujuan pendidikan kepramukaan di Gudep 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja dapat tercapai dengan baik.
Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada :
1.      Bapak Kepala MTs Ma’arif NU Wanareja beserta kepala Urusan yang ada di MTs Ma’arif Nu Wanareja.
2.      Unsur Pembina dan Pembantu Pembina pada Gudep 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja
3.      Semua anggota pramuka penggalan pada Gudep 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja.
Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun akan kami harapkan demi kesempurnaan program kerja Gudep 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua.

Purwasari, 6 Juli 2015
Team Penyusuan


DAFTAR ISI

                       
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………..
I
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………..
ii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………
iii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………
iv


BAB I
:
PENDAHULUAN …………………………………………..
1


A. Latar Belakang ……………………………………………
1


B. Dasar Kegiatan ……………………………………………
1


C. Tujuan ……………………………………………………..
2


D. Sasaran …………………………………………………….
2




BAB II
:
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN ……………………
3


A. Program Umum Gugus Depan 220-221.... ………………
3


1. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik ………….
3


2. Bidang Pendidikan Orang Dewasa …………………….
4


3. Bidang Sarana dan Administrasi ………………………
4


4. Bidang Keuangan ………………………………………
4


B. Penjabaran Program dalam Semester …………………….
5


C. Penjabaran Masing-Masing Program ……………………
6


D. Matrik Kegiatan Dewan Kerja Penggalang ……………..
9




BAB III
:
ORGANISASI ……………………………………………….
10


A. Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan …………..
10


B. Susunan Pengurus Dewan Kerja Penggalang …………..
10


C. Dewan Kehormatan Penggalang ………………………..
11


D. Struktur Organisasi Gudep 220-221.... ………………….
12




BAB IV
:
PENUTUP …………………………………………………..
13



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.

B.     Dasar Kegiatan

Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
1.      Undang-undang Nomor 12 Tahun 2015 tentang Gerakan Pramuka
2.      Keputusan Munas No. 11/Munas/2013 Tahun 2013 tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
3.      SK Gerakan Pramuka No. 220 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pokok-pokok Organisasi Gerakan Pramuka
4.      SK Gerakan Pramuka No. 231 Tahun 2007 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugesdepan Gerakan Pramuka
5.      SK Gerakan Pramuka No. 202 Tahun 2011 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Sistem Pendidikan dan Latihan Gerakan Pramuka
6.      Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam program kerja urusan kesiswaan MTs Ma’arif Nu Wanareja  tahun pelajaran 2015/2016.

C.    Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini:
1.      Untuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.
2.      Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.

D.    Sasaran

Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang meliputi:
1.      Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu dengan Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru yang ditunjuk.
2.      Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
3.      Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
4.      Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga, penggalang, penegak dan pandega sesuai dengan tingkat umur peserta didik.


BAB II
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN

Program kerja gugus depan 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja dapat dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:

A.    Program Umum Gugus Depan 220-221
1.      Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
a.       Pencapaian SKU
b.      Pencapaian SKK
1)      2 macam SKK Agama
2)      2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
3)      2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
4)      2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
5)      2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
c.       Peningkatan mutu latihan pramuka penggalang meliputi jenjang:
1)      Ramu
2)      Rakit
3)      terap
d.      Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )
e.       Perkemahan Sabtu Minggu ( 2 kali )
f.       Penjelajahan dan Survival Game
g.      Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
h.      Lomba Tingkat I ( 1 kali )
i.        Bakti Masyarakat ( 2 kali )
j.        Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional
k.      Kegiatan dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
l.        Musyawarah Gugus Depan
2.      Bidang Pendidikan Orang Dewasa
a.       Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
b.      Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
c.       Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS
3.      Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
a.       Buku Induk Gugus Depan
b.      Stempel Gugus Depan
c.       Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
d.      Buku Administrasi Keuangan
e.       Daftar Inventaris Gugus Depan
f.       Buku Tamu Gugus Depan
g.      Laporan Semester Gugus Depan
h.      Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
i.        Pengadaan Tenda Pramuka
j.        Pengadaan alat pionering yang meliputi :
1)      tali pramuka
2)      tongkat
k.      Bendera Gugus Depan yang meliputi:
1)      Bendera Tunas Kelapa
2)      Bendera Pramuka Sedunia Putra
3)      Bendera Pramuka Sedunia Putri
l.        Bendera Semaphore dan Morse
m.    Papan Nama Gugus Depan
n.      Sanggar Bakti Pramuka
4.      Bidang Keuangan
Penggalian dana kegiatan yang meliputi:
a.       Iuran peserta didik
b.      Sumbangan dari MABIGUS
c.       Sumbangan lain yang tidak mengikat

B.     Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaran program dalam semester gugus depan 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja dapat dijabarkan sebagai berikut:
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
Bulan : JULI 2015 sampai dengan DESEMBER 2015
No
KEGIATAN
BULAN KE
KET.
1
2
3
4
5
6
1.
Penerimaan anggota pasukan
X






2.
Latihan SKU Penggalang
X
X
X
X
X
X

3.
Ujian SKU Penggalang Ramu

X
X
X



4.
Ujian SKU Penggalang Rakit


X
X
X


5.
Ujian SKU Penggalang Terap



X
X
X

6.
Ujian SKK
X
X
X
X
X
X

7.
Gladian Pemimpin Regu


X




8.
Perkemahan Dekat ( Persami )

X


X


9.
Penjelajahan dan Halang Rintang


X




10.
Bakti Masyarakat




X


11.
Latihan gabungan

X


X


12.
Lomba Tingkat I





X

13.
Laporan Semester ke Kwartir Ranting





X

14.
Iuran anggota
X
X
X
X
X
X

15
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional






menyesuaikan

 PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
Bulan : JANUARI 2016 sampai dengan JUNI 2016
No
KEGIATAN
BULAN KE
KET.
1
2
3
4
5
6
1.
Latihan SKU Penggalang
X
X
X
X
X


2.
Ujian SKU Penggalang Ramu
X
X
X
X



3.
Ujian SKU Penggalang Rakit


X
X
X


4.
Ujian SKU Penggalang Terap



X
X


5.
Ujian SKK

X
X
X
X
X

6.
Gladian Pemimpin Regu





X

7.
Perkemahan Dekat ( Persami )



X



8.
Penjelajahan dan Halang Rintang

X


X


9.
Bakti Masyarakat





X

10.
Latihan gabungan




X


11.
Laporan Semester ke Kwartir Ranting





X

12.
Iuran anggota
X
X
X
X
X
X

13.
Pemilihan pramuka terbaik




X


14.
Musyawarah Gugus Depan





X

15.
Perkemahan jauh dan Pengembaraan





X

16.
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional






menyesuaikan

C.    Penjabaran Masing-Masing Program
1.      Latihan Rutin Pramuka
Dalam melakukan kegiatan latihan rutin dapat dirinci sebagai berikut :
a.    Latihan rutin dilakukan setiap hari Jum’at  dimulai pukul 13.30 WIB dan diakhiri pukul 16.00 WIB
b.    Latihan rutin dilakukan dengan pemberian materi SKU dan SKK beserta praktek lapangan
c.    Pemberi materi adalah Pembantu Pembina (penegak) dan Pembina Pramuka.
d.   Rincian materi latihan rutin adalah :
1)        PBB dan Upacara Pramuka
2)        Pionering, tali temali, macam-macam ikatan
3)        Sandi pramuka (huruf rahasia)
4)        Pemahaman Dasa Dharma dan Tri Satya
5)        Sejarah Pramuka
6)        Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penggalang Ramu, Rakit dan Terap
7)        Syarat Kecakapan Khusus (SKK)
8)        PDMPK (Prinsip Dasar Metodik Pendidikan Kepramukaan)
9)        Perkemahan Pramuka dan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan)
10)    Tanda Jejak, Survival Game dan Penjelajahan
11)    Permainan Pramuka
12)    Kegiatan lain yang berupa kegiatan insidental dan spontan
2.      Penggalian Dana melalui Iuran Anggota
Dalam menunjang setiap kegiatan diperlukan dana. Untuk penggalian dana dilakukan dengan mengadakan penarikan iuran pada tiap anggota setiap latihan rutin. Besarnya iuran tiap anggota adalah Rp. 500,- sampai dengan Rp. 1.000,- (tergantung hasil keputusan Rapat Anggota dengan Dewan Kerja Penggalang).
3.      Musyawarah Gugus Depan
1)   Musyawarah Gugus Depan (Mugus) adalah bentuk kegiatan musyawarah yang dilakukan anggota gugus depan untuk menentukan kelangsungan hidup gugus depan.
2)   Dalam kegiatan ini dirumuskan :
1)        Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
2)        Susunan Pembina Gugus Depan
3)        Susunan Pengurus Gugus Depan (Dewan Kerja Penggalang)
3)   Peserta dalam kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS) adalah:
1)        Perwakilan Anggota yang meliputi Pinru dan Wapinru setiap regu
2)        Pemimpin Regu Utama (Pratama) putra dan putri
3)        Pembina pramuka
4)        Pembantu pembina yang terdiri para pramuka penegak
5)        Unsur Mejelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang meliputi Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Pembina OSIS, dan unusur guru yang membidangi ekstrakurikuler Pramuka.
6)        Unsur Komite Sekolah
7)        Unsur Tokoh Masyarakat sekitar Gugus Depan
8)        Unsur Kwartir Ranting diantaranya Andalan Ranting Urusan Penggalang
4)   Kegiatan ini bisa dilakukan bersamaan dalam bentuk kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu di sekolahan.
4.      Kegiatan Perkemahan
a.    Perkemahan Sehari (Persari)
1)        Kegiatan Persari dilaksanakan pada bulan kedua dan kelima pada masing-masing semester
2)        Kegiatan ini biasanya dimulai pukul 07.00 WIB dan diakhiri pada pukul 15.00 WIB (dalam satu hari)
3)        Kegiatan ini meliputi :
·      Penjelajahan dan halang rintang
·      Kegiatan latihan gabungan
·      Kegiatan kunjungan ke tempat rekreasi (Bendung Manganti, dll)
·      Latihan Dasar Kepemimpinan
·      Lomba Tingkat I
b.    Perkemahan Dekat (di Sekolah)
1)        Kegiatan Persami dilaksanakan pada bulan ke empat tiap-tiap semester
2)        Bentuk kegiatan adalah kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu yang dimulai pada pukul 14.30 WIB (sabtu) dan diakhiri pada pukul 09.00 WIB (Minggu)
3)        Macam-macam kegiatan yang dapat dimasukkan dalam kegiatan Persami adalah :
·      Penerimaan tamu pasukan (anggota baru)
·      Kegiatan Pelantikan Kenaikan Tingkat
·      Kegiatan Musyawarah Gugus Depan (MUGUS)
·      Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
c.    Perkemahan Jauh (di luar sekolah/diluar kabupaten)
1)        Kegiatan ini dilakukan pada Akhir Semester
2)        Pada semester ganjil (pertama) kegiatan ini ditempatkan di wisata dalam kabupaten Pati, sedang pada semester genap (kedua) ditempatkan pada lokasi perkemahan yang berada di luar kabupaten Pati.
3)        Waktu melakukan kegiatan ini adalah minimal 2 hari maksimal 5 hari
4)        Kegiatan yang dapat dimasukkan pada kegiatan ini adalah:
·      Kegiatan Bakti Masyarakat
·      Kegiatan Kemah Wisata (Jambore)
·      Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK)
·      Kegiatan Lomba Tingkat I
·      Kegiatan Pengembaraan atau Kemah Beranting
·      Gladian Pemimpin Regu
5.      Laporan Rutin Ke Kwartir Ranting
a.         Kegiatan ini dilakukan pada tiap bulan
b.         Hal-hal yang dilaporkan adalah keadaan gugus depan yang meliputi keanggota gugus depan dan kegiatan yang telah dilakukan gugus depan pada kurun waktu tertentu.
6.      Kegiatan Insidental
a.         Kegiatan ini dilakukan diluar program yang tidak mengikat
b.         Kegiatan ini dilakukan sesuai dengan situasi, kondisi dan kebutuhan
c.         Macam kegiatan dalam kegiatan ini adalah
·      Kegiatan kunjungan ke anggota gugus depan karena sakit, bela sungkawa atau kegiatan lain (berdasar undangan)
·      Mengikuti kegiatan yang berasal dari luar gugus depan (Kwaran, Kwarcab, Kwarda, Kwarnas dan gudep lain)

D.    Matrik Kegiatan Dewan Kerja Penggalang
Program kerja Dewan Kerja Penggalang gudep 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja dapat dijabarkan dalam matrik kegiatan. Adapun matrik kegiatan Dewan Kerja Penggalang Gudep 220-221 adalah sebagai berikut: (TERLAMPIR)


BAB III
ORGANISASI

A.      Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) disusun berdasarkan jabatan dinas di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) terdiri dari unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan tersebut berada. Adapun susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan dapat dibarkan sebagai berikut :
1.         Ketua                :    Mahfudin,M.Pd.I                (Kepala Sekolah)
2.         Anggota            :    Nurfaizin,S.Ag                    (Wakil Kepala Sekolah)
3.         Anggota            :    St.Zahrotul Mk,S.Pd.I         ( Pembina OSIS)
4.         Anggota            :    Mursiati,S.Pd                       (Guru)
5.         Anggota            :    Aan Rusliana,S.Pd.I            (Guru)
6.         Anggota            :    Nastiti,S.Ag                         (Guru)
7.         Anggota            :    Tohirin,S.Pd.I                      (Guru)
8.         Anggota            :    Aan Rusliana,S.Pd.I            (Pembina Harian Putra)
9.         Anggota            :    Ismiati Solehah,S.Pd           (Pembina Harian Putri)

B.       Susunan Pengurus Dewan Kerja Penggalang
Dewan Kerja Penggalang pada prinsipnya adalah dewan kerja gugus depan yang bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan di lingkungan gugus depan. Dewan kerja bertugas membantu pembina pramuka dalam menjalankan aktivitas kepramukaan. Disamping itu Dewan Kerja Penggalang juga berfungsi panitia kegiatan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat kecil, mendadak, atau rutin. Sedang untuk kegiatan yang bersifat besar atau insidental dibentuk panitia kegiatan tersendiri.
Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penggalang terdiri dari pemimpin regu utama (pratama), pemimpin regu (pinru) dan wakil pemimpin regu (wapinru), serta anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun susunan pengurus Dewan Kerja Penggalang Gudep 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja sebagai berikut:
1.      Ketua                         :                                                               (kelas VIII A)
2.      Wakil Ketua              :                                                               (kelas VII B)
3.      Sekretaris I                :                                                               (kelas VIII A)
4.      Sekretaris II               :                                                               (kelas VIII B)
5.      Bendahara I               :                                                               (kelas VIII A)
6.      Bendahara II             :                                                               (kelas VII B)
7.      Seksi-Seksi                :
a.    Bidang Kegiatan dan Operasional Teknik Kepramukaan (Giatoptekpram):
1.                                                           (kelas VIII D)
2.                                                           (kelas VII B)
3.                                                           (kelas VIII C)
4.                                                           (kelas VIII E)
b.    Bidang Adminsitrasi dan Organisasi
1.                                                          (kelas VIII C)
2.                                                          (kelas VIII E)
3.                                                          ((kelas VII A)
4.                                                          ((kelas VIII B)
c.    Bidang Hubungan Masyarakat
1.                                                           (kelas VIII E)
2.                                                           (kelas VII A)
3.                                                           (kelas VII E)
4.                                                           (kelas VIII A)

C.      Dewan Kehormatan Penggalang
Dewan Kehormatan Penggalang terdiri atas anggota pramuka yang sudah mencapai Terap dan sudah kelas III. Dewan Kehormatan bekerja jika diperlukan dalam kegiatan insidental. Dewan Kehormatan Penggalang mempunyai tugas memberikan masukan, saran atau nasehat serta membantu pembina dalam memberikan penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja Penggalang. Adapun susunan Dewan Kehormatan Penggalang adalah :
1.         Ketua                          :   
2.         Anggota                     :   
3.         Anggota                     :   
4.         Anggota                     :   
5.         Anggota                     :   
6.         Anggota                     :   
7.         Anggota                     :   
8.         Anggota                     :   
9.         Anggota                     :   
10.     Anggota                     :   
11.     Anggota                     :   

D.      Struktur Organisasi Gudep 1527-1528

BAB IV
PENUTUP

Demikian program kerja Gugus Depan 220-221 Pangkalan MTs Ma’arif Nu Wanareja tersusun, dengan harapan dapat menjadi acuan bagi gerak dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu program kerja ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam menentukan kebijakan yang berhubungan dengan kegiatan kepramukaan pada MTs Ma’arif NU Wanareja.
Perlu disadari bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan dan penyempurnaan program kerja ini. Akhirnya semoga program kerja ini dapat bermanfaat bagi semua.

BERBUDI BAWA LAKSANA, JER BASUKI MAWA BEA



1 komentar:

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.