Arti Ambalan Penegak



Ambalan adalah kelompok besar dalam Pramuka Penegak. Kata ambalan di ambil dari sejumlah nama pahlawan. Misal Ambalan Bung Karno, Ambalan Diponogoro, Ambalan Kartini, dan sebagainya.
Dalam ambalan terdapat organisasi yang menampung aspirasi penegak yang dinamakan DKA (Dewan Kerja Ambalan). Cara kerja dewan ini adalah pengambilan keputusan secara musyawarah untuk mufakat.
Di dalam ambalan penegak ada pembina. Pembina merupakan saudara tua Ambalan Penegak yang harus dihargai dan dihormati. Disamping itu Kak pembina sebagai tempat bertanya, tukar pendapat, dan pembimbing.
Golongan usia Pramuka yang masuk dalam Penegak adalah 16-20 tahun. Makna romantisme penegak adalah perjuangan menegakkan Indonesia merdeka yang telah diproklamirkan tanggal 17 Agustus 1945.
Dalam satu ambalan terdiri beberapa kelompok kecil dinamakan Sangga. Sangga diimpin oleh seorang pemimpin yang dibantu oleh wakilnya. 
Berikut sejumlah nama sangga yang dikenal dalam aktivitas Pramuka Penegak.
  1. Sangga perintis
    Makna sangga tersebut dilatarbelakangi adanya romantisme perjuangan merintis kemerdekaan Indonesia yang diawali perjuangan organisasi Budi Utomo.
  2. Sangga Penegas
    Makna nama Sangga tersebut dilatarbelakangi adanya penegasan pada pernyataan yang tersurat dalam Sumpah Pemuda.
  3. Sangga Pendobrak
    Makna nama sangga tersebut dilatarbelakangi adanya pendobrakan untuk mengusir penjajah dari muka bumi pertiwi tercinta ini.
  4. Sangga Pencoba
    Makna nama sangga tersebut dilatarbelakangi adanya agresi belanda yang mencoba merampas tanah air Indonesia. Namun agresi ini dapat dipatahkan perjuangan bangsa Indonesia.
  5. Sanggar pelaksana
    Makna sangga tersebut dilatarbelakangi adanya pelaksanaan pembangunan, setelah Indonesia merdeka penuh lepas dari kolonialisme.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.