Pendidikan Kepramukaan


Berkas:Gerakan Pramuka.png

Pendidikan kepramukaan adalah proses pendidikan yang praktis, di luar sekolah dan di luar keluarga yang dilakukan di alam terbuka dalam bentuk kegiatan yang menarik, menantang, menyenangkan, sehat, teratur dan terarah, dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode pendidikan kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah terbentuknay kepribadian, watak, akhlak mulia dan memiliki kecakapan hidup.
Pendidikan kepramukaan merupakan proses belajar mandiri yang progresif bagi kaum muda untuk mengembangkan diri pribadi seutuhnya, meliputi aspek spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Pendidikan kepramukaan merupakan proses pendidikan sepanjang hayat menggunakan tata cara kreatif, rekreatif, dan edukatif dalam mencapai sasaran dan tujuannya. Melalui kegiatan yang menarik, menyenangkan, tidak menjemukan, penuh tantangan, serta sesuai dengan bakat dan minatnya diharapkan spiritual, emosional, sosial, intelektual. fisik dan pengalaman peserta didik dapat berkembang dengan baik dan terarah.
Pendidikan kepramukaan merupakan proses pembinaan dan pengembangan potensi kaum muda agar menjadi warga negara yang berkualitas serta mampu memberikan sumbangan positif bagi kesejahteraan dan kedamaian masyarakat, baik nasional maupun internasional.
Kegiatan pendidikan kepramukaan merupakan kegiatan di alam terbuka (out door activity) yang mengandung dua nilai, yakni :
  1. Nilai formal, atau nilai pendidikannya yaitu pembentukan watakk (character building), dan
  2. Nilai materil, yaitu nilai kegunaan praktisnya.
Pendidikan Kepramukaan berfungsi sebagai:
  • permainan (game) yang menarik, menyenagkan dan menantang serta mengandung pendidikan bagi peserta didik;
  • pengabdian bagi anggota dewasa;
  • alat pembinaan dan pengembangan generasi muda bagi masyarakat.
sumber : buku kmd 2013 kwarcab clp.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.