Prinsip Dasar Kepramukaan

Pendidikan kepramukaan merupakan proses pendidikan yang sangat praktis, yang di lakukan luar lingkungan sekolah  dan  di  luar  lingkungan  keluarga yang  dilakukan  di  alam  terbuka  dalam bentuk  kegiatan  yang menarik, menantang,  menyenangkan,  sehat,  teratur  dan terarah dengan menerapkan Prinsip Dasar kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang sasaran akhirnya adalah terbentuknya watak kepribadian dan akhlak mulia.
Gerakan  Pramuka  mendidik  kaum  muda  Indonesia  dengan  Prinsip Dasar Kepramukaan  dan Metode Kepramukaan yang pelaksanaannya diserasikan dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa dan masyarakat Indonesia agar menjadi  manusia  Indonesia  yang  lebih  baik, dan  anggota  masyarakat  Indonesia yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.

Prinsip-prinsip Dasar Kepramukaan
  1. Prinsip Dasar Kepramukaan antara lain:
    1. Iman dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
    2. Peduli kepada bangsa dan tanah air, sesama hidup dan alam seisinya.
    3. Peduli terhadap diri pribadi.
    4. Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka.
  2. Prinsip  dasar  kepramukaan  sebagai  norma  hidup  sebagai  anggota Gerakan Pramuka,  ditanamkan  dan  ditumbuh kembangkan  kepada setiap  peserta  didik melalui  proses  penghayatan  oleh  dan  untuk  diri pribadi  dengan  bantuan  para Pembina,  sehingga  pelaksanaan dan pengalamannya  dapat  dilakukan  dengan inisiatif  sendiri,  penuh kesadaran,  kemandirian,  kepedulian,  tanggungjawab serta  keterikatan moral,  baik  sebagai  pribadi  maupun  sebagai  anggota masyarakat.
  3. Pada  dasarnya  anggota  Gerakan  Pramuka  wajib  menerima  Prinsip Dasar Kepramukaan, dalam artian:
    1. Menaati  perintah  Tuhan  Yang  Maha  Esa  dan  menjauhi larangan-Nya  serta beribadah sesuai tata cara dari agama yang dipeluknya.
    2. Memiliki  kewajiban  untuk  menjaga  dan  melestarikan  lingkungan sosial, memperkokoh  persatuan,  serta  menerima  kebinekaan dalam  Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    3. Memerlukan lingkungan hidup yang bersih dan sehat agar dapat menunjang dan memberikan kenyamanan dan kesejahteraan hidup dan karenanya setiap anggota  Gerakan  Pramuka  wajib  peduli terhadap  lingkungan  hidup  dengan cara menjaga, memelihara dan menciptakan kondisi yang lebih baik.
    4. Mengakui  bahwa  manusia  tidak  hidup  sendiri,  melainkan  hidup bersama berdasarkan  prinsip  peri-kemanusiaan  yang  adil  dan beradab  dengan makhluk lain ciptaan Tuhan, khususnya dengan sesama manusia.
    5. Memahami  prinsip  diri  pribadi  untuk  dikembangkan  dengan cerdas  guna kepentingan masa depan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

2 komentar:

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.