Kewiraan

Jiwa kewiraan berkaitan erat dengan pembentukan watak dan sikap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jika kewiraan adalah jiwa kepejuangan atau jiwa kejuangan yang diharapkan terpatri dalam diri setiap warga negara Indonesia untuk mempertahankan dan membela perjuangan bangsa mencapai cita-cita kemerdekaan dan tujuan pembangunan bangsa dan negara. Pembangunan jiwa kewiraan dapat terlaksana dengan adanya kesadaran berbangsa dan bernegara dengan memahami wawasan Nusantara, pentingnya ketahanan Nasional dan Kesadaran Bela Negara.



Wawasan Nusantara adalah cara pandang Bangsa Indonesia (National Look) berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 tentang diri dan lingkungannya, dalam eksistensinya yang serba nusantara dan pemekarannya dalam mengapresiasikan diri sebagai bangsa Indonesiadalam upaya mencapai tujuan nasionalnya. Wawasan Nusantara, merupakan pandangan geopolitik sekaligus geostrategi bangsa Indonesia dalam mengartikan tanah air Indonesia sebagai satu kesatuan politik, ekonoi sosial budaya, dan satu kesatuan pertahanan keamanan. Dengan demikian, wawasan nusantara adalah sebuah prinsip persatuan dan kesatuan Indonesia yang digunakan untuk memberikan kepastian hukum bagi rakyat Indonesia.

Ketahanan Nasional berasal dari kata tahan, yang berarti kuat menderita, dapat menguasai diri, tidak mudah putus asa, tetap pada keadaannya. Dari kata tahan itu terbentuk kata ketahanan yang berarti sesuatu hal mengenai tahan, kekuatan hati, keteguhan hati, kesabaran, ketabahan. Jadi ketahanan Nasional adalah ketahanan, keteguhan hati dan kekuatan suatu bangsa.

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban ini berkaitan dengan kesadaran moral dan cara memenuhi hak dan kewajiban. Kesadaran moral adalah perasaan wajib melaksanakan sesuatu berdasarkan hati nurani dan pemikiran yang benar (rasional), dengan tanpa tekanan dan paksaan (kebebasan) serta tidak didasarkan kepada perhitungan mencari keuntungan (pamrih). Berkaitan dengan bela negara, maka hak bela negara adalah suatu kehormatan suatu warga negara yang bertanggungjawab untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara yang dicintainya. Sedangkan kesadaran bela negara adalah sikap perilaku tiap individu warga Negara untuk bersedia berkorban guna melindungi negara secara utuh berdasarkan rasa cinta kepada neara dan tanah air.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.