Apa Manfaat Mengikuti Kegiatan Pramuka Bagi Siswa MTs

Kegiatan Pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler wajib setiap sekolah. Kegiatan ini menjadi bagian penting dari kurikullum sekolah karena ikut membantu menumbuhkan karakteristik siswa di dalam sekolah maupun di lingkungan rumah dan sekitarnya.
Dengan mengikuti kegiatan ramuka rutin yang diselenggarakan oleh sekolah atau madrasah diharapkan peserta didik dapat menemukan jati dirinya dan lai-lain yang penting untuk perkembangan anak itu sendiri.
Manfaat ikut bergabung bersama pramuka, dan manfaat manfaat lain yang di dapatkan dengan bergabung bersama pramuka juga tidak kalah pentingnya, sebab pramuka mencapai aspek yang cukup lengkap mulai dari pendidikan formal sekolah hingga pendidikan nonformal luar sekolah yang sangat tidak terbatas dari segi manfaat. Setiap Pramuka mengenal lebih banyak, mendapat lebih banyak ilmu teoritis dan empiris yang sangat penting sebagai salah satu pusat perubahan dan stok kepemimpinan di masa depan. 
Berikut sebagian pengalaman dari beberapa siswa yang merasakan mengikuti kegiatan pramuka:
  • Kemandirian. Misalkan suatu saat kita mengalami kecelakaan di tempat terpencil jauh dari pemukiman, pramuka mengajarkan P3K, tali temali, dsb. Jemuran yang patah pun dapat diatasi sendiri :).
  • Mendapat keluarga baru. Tidak hanya di sekolah, di kota, di Indonesia, bahkan di dunia pun berkat “pramuka” orang sedunia bisa bertemu seperti Jambore Dunia.
  • Lebih mencintai Lingkungan. Bagaimana pramuka mengajarkan tentang lingkungan alam beserta pelestariannya, mengenal flora dan fauna. Lewat penjelajah alam bebas pramuka diajarkan untuk lebih akrab dengan alam.
  • Leadership. Melalui pramuka diajarkan jiwa kepemimpinan, disiplin, kejujuran, tanggungjawab, menjawab semua masalah dan mengatasinya,.
Dan tentunya masih banyak lagi manfaat kegiatan pramuka. Tentunya pihak sekolah atau madrasah  dalam hal ini harus berperan aktif mengajak siswanya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Dan satu lagi pramuka bersifat fleksibel, untuk itu diperlukan kakak-kakak pembina yang handal dan cerdas agar kegiatan pramuka tidak monoton.

Berikut adalah salah satu kegiatan Ekstra Pramuka Yang diselenggarakan oleh MTs Maarif Purwasari Wanareja Kab.Cilacap.



4 komentar:

  1. Kegiatan yang bagus, semoga MTs Ma'arif Purwasari Wanareja cilacap lebih baik lagi, amin

    BalasHapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.