ORGANISASI PENDUKUNG PRAMUKA

Dibawah ini adalah beberapa Organisasi Pendukung Prmuka yang harus anda ketahui sebagai Pramuka Sejati.

  1. Satuan Karya Pramuka (Saka) merupakan satuan organisasi bagi peserta didik untuk pembinaan, peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang tertentu, serta melakukan kegiatan nyata sebagai pengabdian kepada masyarakat.
  2. Gugus darma Pramuka adalah satuan organisasi bagi anggota dewan Gerakan Pramuka sebagai wadah pengabdian untuk memajukan Gerakan Pramuka dan berbakti pada masyarakat , bangsa dan negara.
  3. Satuan Komunitas Pramuka (Sako) adalah satuan organisasi penyelenggara pendidikan kepramukaan yang berbasis profesi, aspirasi, dan agama.
  4. Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) merupakan wadah penelitian dan pengembangan Gerakan Pramuka guna membantu kwartir dalam upaya meningkatkan mutu Gerakan Pramuka. Puslitbang berkedudukan di kwartir nasional disebut Puslitbangnas dan kwartir daerah disebut Puslitbangda.
  5. Pusdiklat merupakan satan pendidikan sebagai wadah pembinaan anggoota dewasa, berkedudukan di kwarnas disebut Pusdiklatnas, di kwarda disebut Pusdiklatda, di kwarcab disebut Pusdiklatcab.
  6. Pusat Informasi (Pusinfo) Gerakan Pramuka merupakan bagian integral dari kwartir dan berfungsi sebagai wadah pelayanan  informasi baik di dalam maupun di luar lingkungan Gerakan Pramuka.
  7. Badan Usaha Gerakan pramuka merupakan bagian integral dari kwartir dan berfungsi sebagai wadahpengembangan usaha dalam rangka mendukung pendanaan Gerakan Pramuka.
  8. Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka (LPK) adalah wadah independen yang dibentuk oleh musyawarah Gerakan Pramuka dan bertanggungjawab kepada musyawarah.


1 komentar:

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.