Inilah Tugas Pokok dan Fungsi Gerakan Pramuka

Inilah Tugas Pokok dan Fungsi Gerakan Pramuka - Bagi anda para embina pramuka baru yang masih belum tahu akan Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) Gerakan Pramuka, dibawah ini saya utarakan Tupoksi Gerpram nya. 

Tugas Pokok
Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab, mampu membina dan mengisi kemerdekaan serta membangun dunia yang lebih baik.

Fungsi
Gerakan Pramuka berfungsi sebagai penyelenggara pendidikan nonformal di luar sekolah dan di luar keluarga sebagai wadah pembinaan serta pengembangan kaum muda dilandasi Sistem Among, Prinsip Dasar dan Metode Kepramukaan.

Sifat
  1. Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang keanggotaannya bersifat sukarela, mandiri, tidak membedakan suku, ras, golongan, dan agama.
  2. Gerakan Pramuka bukan organisasi sosial-politik, bukan bagian dari salah-satu organisasi sosial-politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis.
  3. Gerakan Pramuka menjamin kemerdekaan tiap-tiap anggotanya untuk memeluk agama dan kepercayaan masing-masing serta beribadat menurut agama dan kepercayaannya.
  4. Gerakan Pramuka adalah organisasi pendidikan yang keanggotaannya bersifat sukarela, mandiri, tidak membedakan suku, ras, golongan, dan agama.
  5. Gerakan Pramuka bukan organisasi sosial-politik, bukan bagian dari salah-satu organisasi sosial-politik dan tidak menjalankan kegiatan politik praktis.
  6. Gerakan Pramuka menjamin kemerdekaan tiap-tiap anggotanya untuk memeluk agama dan kepercayaan masing-masing serta beribadat menurut agama dan kepercayaannya.

9 komentar:

  1. Hm jadi ingat jaman-jaman sekolah dulu sob kalo ingat pramuka, makasih sharingny sob jadi semakin tau tenyang tugas dan fungsi gerakan pramuka. slam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga gan, yah semoga saja ini bermanfaat

      Hapus
  2. Gerakan pramuka itu bersifat suka rela ya kang jadi tidak berharap balasan dan tidak membedakan antar golongan maupun suku dan ras ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makanya ada yang sudah pensiun masih aktif di pramuka

      Hapus
  3. semoga jiwa pramuka bener2 bisa menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggungjawab,dan berdedikasi tinggi kepada bangsa dan negara mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita doakan saja ya kang yanto, semoga saja terwujud amin!

      Hapus
  4. dengan adanya pramuka lebih bisa melatih mental dan fisik juga ya mas sebagai generasi penerus bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mas ifrod, sayangya di kampung kami kenapa banyak anak yg tdk suka dg ekstra pramuka yah

      Hapus

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.