Pengertian Kiasan Dasar Pramuka

Dalam Dunia Pramuka ada istilah Kiasan Dasar, lalu apa ish kiasan dasar pramuka itu? Berikut adalah ulasannya.
Kiasan Dasar adalah ungkapan yang digunakan secara simbolik dalam penyelenggaraan pendidikan kepramukaan.

  1. Penggunaan  Kiasan  Dasar,  sebagai  salah  satu  unsur  terpadu  dalam pendidikan kepramukaan,  dimaksudkan  untuk  mengembangkan  imajinasi, sesuai  dengan  usia  dan  perkembangan,  yang  mendorong  kreatifitas  dan keikutsertaan peserta didik dalam  setiap kegiatan pendidikan  kepramukaan.
  2. Bahwa  Kegiatan  pendidikan  kepramukaan  harus  dikemas  dalam  Kiasan Dasar  yang  menarik,  menantang,  dan  merangsang,  disesuaikan  dengan minat, kebutuhan, situasi dan kondisi anggota muda.
  3. Selanjutnya Kiasan Dasar disusun dan dirancang untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan  kepramukaan  untuk  setiap  golongan  serta  merupakan salah  satu  unsur  dalam  Metode  Kepramukaan  yang  pelaksanaannya  harus tidak  memberatkan  anggota  muda  tetapi  malah  dapat  memperkaya pengalaman. Setiap Penyelenggaraan Kepramukaan dikemas dengan menggunakan Kiasan Dasar  yang dapat bersumber pada sejarah perjuangan dan budaya bangsa. Kata kata penting dalam sejarah perjuangan dan budaya bangsa Indonesia digunakan secara sitematis seperti dalam pembagian golongan, tingkatan-tingkatan dan pengelompokan serta kegiatan Kepramukaan. 

Demikian pengertian kiasan dasar dalam dunia kepramukaan, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.