Cara Pemakaian TKK

Image

Tanda  Gambar  Kecakapan  Khusus  sudah  diatur  melalui  SK Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 134/Kn/76 Tahun  1976  Tentang Petunjuk Penyelenggaraan  Kecakapan Khusus, demikian pula didalamnya telah diatur tentang tata  cara pemakanan  TKK  (Tanda  Kecakapan  Khusus) dan penggunaan tetampan  apabila  dalam  penempatan  TKK  pada  lengan bahu kanan  telah  melebihi  ketentuan  (  5  tanda  gambar  TKK)  serta adanya tata cara tetampan yang kedua dan ukurannya.

Berikut Saya uraikan penjelasannya:
  1. TKK (tanda kecakapan khusus)  pada pakaian seragam Pramuka dikenakan pada lengan baju di sebelah kanan.
  2. TKK  yang  dikenakan  pada  baju  di sebelah  kanan  tersebut  di atas maksimal lima  buah,  sedang  selebihnya ditempatkan  pada tetampan, yang  diselempangkan  di badan, melalui  bahu sebelah kanan, menyilang dada dan punggung menuju pinggang sebelah kiri. 
  3. Ketentuan mengenai tetampan TKK adalah sebagai berikut:
    1. Lebar:
      1. Untuk Pramuka Siaga 8 cm,
      2. Untuk Pramuka Penggalang, Penegak dan Pandega 10cm.
    2. Panjang:Disesuaikan dengan tinggi badan Pramuka yang memakainya.
    3. Warna:Coklat  tua,  ditambah  dengan  hiasan  tepi  selebar  1  cm, yang dibuat dengan sulam “silang seperti pada kain flanel” atau  dengan penempelan  pita  (zig  zag  band)  sepanjang kedua  sisi tetampan, dengan  jarak  0,5  cm  dari  tepi selempang itu.
  4. Warna hiasan: (warna zigzag/sulaman flanel) 
    1. Untuk Pramuka Siaga: hijau.
    2. untuk Pramuka Penggalang: merah.
    3. Untuk Pramuka Penegak/Pandega: kuning
    4. Pada  tetampan  tidak  dibenarkan  ditempatkan  tanda gambar, atau lencana dan tulisan apapun, selain TKK yang  ditetapkan  oleh Kwartir  Nasional  Gerakan Pramuka.
    5. TKK yang dikenakan pada tetampan, ditempatkan pada bagian tetampan yang ada di muka dada, disusun dari atas  ke  bawah, dimulai  dari  bagian  terdekat  dengan baju sebelah kanan.
    6. Apabila  TKK  yang  dicapai  oleh  seorang  Pramuka jumlahnya banyak, sehingga tidak termuat pada bagian tetampan  yang  ada di muka  dada,  maka  TKK. selebihnya  ditempatkan  pada  bagian tetampan  yang ada pada bagian punggung, dengan urutan dari atas ke bawah, dimulai dari bagian yang terdekat dengan bahu.
    7. Apabila  tetampan  dengan  penempatan  TKK  seperti tersebut pada point 1. dan point 6. di atas ternyata  tidak dapat  memuat  semua TKK  yang  diperoleh  seorang Pramuka,  maka  dapat  dibenarkan penggunaan tetampan kedua, yang memenuhi ketentuan pada  poin 3  dan  point 4  yang  diselempangkan  di  badan, melalui bahu sebelah  kiri,  menyilang  dada  dan  punggung menuju pinggang sebelah kanan. Pada Persimpangan antara  tetampan  pertama  dan tetampan  kedua,  letak tetampan kedua adalah di bagian bawah tertindih oleh tetampan pertama.
    8. Tetampan  hanya  dibenarkan  dipakai  pada  upacara  kepramukaan. Pada  waktu  latihan  atau  bekerja  yang memerlukan  keleluasaan bergerak,  maka  tetampan TKK hendaknya dilepas dahulu.

0 komentar:

Posting Komentar

Perhatian : Untuk kebaikan bersama Dilarang menyisipkan Link Hidup.
jika cuma teks url blog/web atau isi di daftar tamu itu tidak menjadi masalah, kalaupun masih ada tentunya Pihak Admin akan Menghapusnya.